Cara Menonaktifkan Cortana di Windows 10 Secara Permanen

Hei guys, di artikel kali ini cara awesome akan membagikan trik bagaimana cara menonaktifkan / mendisable cortana di windows 10 secara permanen. Tutorial ini dibuat karena ada beberapa orang yang tidak menyukai fitur cortana dikarenakan fitur ini membuat RAM cepat penuh & membuat baterai laptop cepat habis.

Trik ini merupakan salah satu cara untuk memaksimalkan kinerja laptop Anda dengan cara membebaskan memori yang digunakan oleh cortana sehingga dapat digunakan untuk menjalankan aplikasi lain.

menonaktifkan / mendisable cortana windows 10 permanen

Meskipun trik ini akan membuat proses cortana benar-benar hilang dari task manager, Tapi perlu Anda ketahui juga bahwa trik ini akan membuat windows search Anda menjadi tidak bisa digunakan. Semua keputusan tergantung Anda. Jika ingin lanjut silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini.

Langkah 1 : Buka Task Manager dengan menekan Ctrl + Shift + Esc secara bersamaan.

Langkah 2 : Buka Windows Explorer dengan menekan Windows + E, lalu buka folder cortana di C > Windows > SystemApps. Lihat gambar dibawah.

lokasi folder cortana & task manager windows 10


Langkah 3 : Cari folder Microsoft.Windows.Cortana_cw5n1h2txyewy dan rename folder tersebut.
Catatan : saat me-rename folder, cukup tambahkan 1 huruf atau 1 angka saja dari nama asli folder agar saat cortana ingin digunakan kembali kita bisa me-rename nya kembali dengan mudah. Contoh :
  • zMicrosoft.Windows.Cortana_cw5n1h2txyewy
  • 0Microsoft.Windows.Cortana_cw5n1h2txyewy
Nah disini triknya, saat me-rename pasti akan gagal dikarenakan cortana masih berjalan di task manager. Cara agar proses rename nya berhasil adalah saat muncul popup Try Again, pergi ke Task Manager klik kanan Cortana pilih End Task lalu klik Try Again kembali dengan cepat. Lakukan proses ini dengan sangat cepat sebelum cortana dijalankan kembali. Lihat gambar dibawah.

rename folder cortana & kill process cortana


Langkah 4 : Jika foldernya sudah berhasil di rename, cek di task manager apakah program cortana masih ada atau tidak. Jika sudah tidak ada, maka sudah berhasil.
Untuk mengaktifkan cortana & windows searchnya kembali cukup rename folder yang tadi sudah diubah lalu restart.
Jika Anda masih belum mengerti, silahkan tonton video yang diupload oleh nickscomputerfix dibawah ini mulai dari menit ke 4:55

Sekian trik kali ini, sampai disini seharusnya Anda sudah mengerti bagaimana menonaktifkan cortana di windows 10. Jika ada yang masih belum dimengerti silahkan tulis di komentar. Terima kasih, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Menonaktifkan Cortana di Windows 10 Secara Permanen"