Cara Memblokir Backlink SPAM / Negatif yang Masuk ke Blog

Backlink adalah sebuah link yang dipasang di website lain dan diarahkan ke situs kita. Biasanya ini disebut sebagai backlink external yang dimana fungsinya untuk meningkatkan popularitas dan rangking blog kita di search engine.

cara memblokir backlink-backlink spam & negatif

Namun bagaimana jika backlink external ini berasal dari situs-situs negatif seperti situs judi, situs dewasa, dan situs-situs spam? Apa yang akan terjadi pada blog kita? Dampaknya adalah blog kita akan dicap sebagai blog yang "buruk" oleh search engine dan ranking blog pun akan jatuh. Lantas bagaimana cara mengatasinya? Ternyata google sudah menyediakan sebuah tools yang bernama Google Disavow Tools. Untuk menggunakannya silahkan Anda ikuti langkah-langkah dibawah ini.

Langkah 1 : Pastikan blog Anda sudah terdaftar di Google Webmaster. dan siapkan sebuah file txt yang berisikan url-url situs yang ingin diblokir.
Format : 
http://url/page...
http://url/page...
http://url/page...
domain:http://url...
domain:http://url...
dst..

Langkah 2 : Buka Google Disavow Tools, Pilih situs Anda lalu klik Disavow Links.

google disavow links pilih situs


Langkah 3 : Upload file yang Anda buat tadi dengan cara klik Choose File, lalu klik Submit.

google disavow link, input url spam


Selesai.. sampai disini seharusnya Anda sudah mengerti bagaimana cara memblokir backlink-backlink spam dan backlink negatif lainnya. Jika ada yang masih kurang jelas, bisa ditanyakan di komentar. Sekian artikel kali ini & semoga bermanfaat. 

Posting Komentar untuk "Cara Memblokir Backlink SPAM / Negatif yang Masuk ke Blog"