Cara Cepat Membuat Daftar Isi Otomatis di Microsoft Word (LENGKAP +GAMBAR)

Hei guys, kali ini cara awesome akan berbagi trik bagaimana cara membuat daftar isi otomatis di microsoft word. Halaman daftar isi sendiri diperlukan saat Anda sedang membuat suatu makalah, laporan, jurnal, skripsi maupun buku yang berguna untuk memudahkan pembaca dalam mencari halaman tertentu.

cara membuat daftar isi otomatis di microsoft word
Microsoft Word

Trik ini saya bagikan karena nyatanya masih banyak orang yang kesulitan dalam membuat daftar isi. Bahkan masih ada yang membuatnya secara manual sehingga jadinya malah terlihat tidak rapi dan memakan waktu yang cukup lama untuk menyesuaikan titik-titiknya agar pas.

Padahal jika Anda sudah tau triknya membuat daftar isi itu cepat, mudah, praktis & rapi hasilnya. Bagaimanakah caranya? silahkan saja Anda ikuti langkah-langkah dibawah ini.

Langkah 1 : Buka Microsoft Word Anda. Disini saya menggunakan Microsoft Word 2010. Untuk versi lainnya seperti 2007, 2013, & 2016 silahkan disesuaikan.

Langkah 2 : Sebelum membuat daftar isi, Anda harus tau terlebih dahulu seluruh judul dan subjudul dari makalah atau laporan yang akan Anda buat. Misalnya saja saya buat contoh seperti dibawah ini.

contoh list judul dan subjudul pada sebuah makalah


Langkah 3 : Ubah setiap judul dan subjudul yang ada di makalah / laporan Anda menggunakan format Heading agar judul atau subjudul Anda bisa terdeteksi di halaman daftar isi.
- Judul menggunakan Heading 1
- Subjudul menggunakan Heading 2
- Sub Subjudul menggunakan Heading 3
mengubah judul dan subjudul dengan heading


Langkah 4 : Blok judul & subjudul dan berilah format Numbering.

memberi numbering di judul dan subjudul


Langkah 5 : Letakkan kursor di akhir kata daftar isi lalu tekan Ctrl + Enter untuk membuat halaman kosong dibawahnya.

memberi halaman kosong dibawah tulisan daftar isi


Langkah 6 : Pilih menu References, klik Table of contents dan pilih Automatic Table 1.

membuat daftar isi otomatis dari heading pada judul dan subjudul


Langkah 7 : Text Contents yang muncul diatas daftar isi bisa dihapus.

menghapus text contents di daftar isi


Langkah 8 : Jika ada perubahan dalam penulisan judul atau subjudul dan perubahan posisi halaman silahkan update daftar isi nya dengan mengklik Update Table... , lalu pilih Update entire table. Jika hanya mengubah posisi halaman nya saja bisa memilih yang Update page numbers only.

mengupdate daftar isi terhadap perubahan yang terjadi pada judul atau subjudul


Selesai..

daftar isi sudah selesai dibuat


Sekian tutorial kali ini, sampai disini seharusnya Anda sudah mengerti bagaimana membuat daftar isi otomatis di microsoft word sendiri. Jika masih ada yang belum dimengerti bisa ditanyakan di komentar. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Cepat Membuat Daftar Isi Otomatis di Microsoft Word (LENGKAP +GAMBAR)"