Minggu, 16 Oktober 2016

Cara Burning File ke CD/DVD dengan PowerISO

Hei guys, tutorial kali ini cara awesome akan membahas bagaimana cara burning file ke CD/DVD dengan software PowerISO. Mungkin masih ada diantara Anda yang bingung kenapa file atau folder harus di burning? kenapa tidak di copy paste saja? Saya menemukan jawaban dari Yahoo Answers yang ditulis oleh Indra. Berikut jawabannya.

yang dimaksud burning yaitu membakar data pada keping cdr/rw. data digital hanya angka 0 dan 1 saja. cara membaca cd dalam cd-rom adalah dengan pantulan laser, maka untuk membuat data bisa dibaca adalah membakar data 0 sehingga sinar laser tidak terpantul ke optikhead sehingga terbaca sebagai '0', sedang angka '1' tidak dibakar sehingga sinar laser terpantul ke optikhead cd-rom sehingga terbaca '1'.

kalau di pabrik, cd dibuat dengan cetakan, data 0 dicetak dalam, data 1 dicetak dangkal. perbedaan antara dangkal dan dalam membedakan 0 dan 1-nya.

dalam digital, 1 berwujud data 01, 2= 10, 3= 11, 4= 100, 5= 101 dst. (kayaknya sih gitu, dah agak lupa... cmiiw)
Sementara PowerISO sendiri adalah sebuah software yang berfungsi untuk memburning file atau folder ke sebuah optikal disk. Ukuran software ini juga ringan sehingga tidak memakan banyak storage pada harddisk. PowerISO nya bisa langsung di download disini. Langsung saja kita praktekkan cara burningnya.

Langkah 1 : Install software PowerISO yang telah di download, dan siapkan 1 atau beberapa file yang ingin di burning.

Langkah 2 : Buka Aplikasi PowerISO, dan tampil jendela seperti gambar dibawah.

cara burning file ke cd/dvd dengan poweriso

keterangan : 
  1. Klik Add : untuk memilih file atau folder yang ingin di burning.
  2. Rename : untuk mengganti nama CD. Ini bersifat optional ingin di rename atau tidak.
  3. Klik Burn : untuk melakukan burning.
Langkah 3 : Lalu akan tampil jendela baru seperti gambar dibawah

cara burning file ke cd/dvd dengan poweriso

Langkah 4 : Klik Burn dan proses burning akan berjalan dari 0% hingga 100%. Saat proses sudah mencapai 100% maka CD akan otomatis ter-eject. Jika masih belum paham bisa lihat versi videonya dibawah ini.


Selesai. Seharusnya Anda sekarang sudah paham bagaimana cara memburning file menggunakan software PowerISO. Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat.

1 komentar so far

Tambahkan komentar Anda.
EmoticonEmoticon