6+ Cara Mengatasi Laptop Ngelag, Lemot, dan Not Responding (100% Work)

Hei guys, kali ini cara awesome akan berbagi tips bagaimana cara mengatasi laptop Anda yang ngelag, lemot, ataupun not responding.

Mungkin Anda pernah.. saat sedang bermain game, mengerjakan tugas, atau bahkan sekedar browsing tiba-tiba laptop Anda mulai ngelag, terasa lemot dan sampai-sampai muncul peringatan not responding yang memaksa Anda harus force close aplikasi tersebut. Memang hal itu sangat menyebalkan dan saya sendiri juga pernah mengalaminya.
tips mengatasi laptop ngelag, lemot, & not responding
Kemudian saya mencoba browsing kesana-kemari untuk mencari tau bagaimana solusi terbaik untuk mengatasi masalah yang satu ini. Di artikel ini sudah saya rangkum hal-hal apa saja yang dapat membuat laptop Anda menjadi ngelag dan lemot serta cara penanganannya. Silahkan Anda ikuti tips-tips dibawah ini.

1. Upgrade RAM Laptop

RAM atau (Random Access Memory) adalah sebuah memori sementara pada laptop kita, yang dimana setiap aplikasi yang berjalan pasti akan terus menggunakan sumberdaya memori RAM sampai aplikasi tersebut benar-benar dimatikan. Coba Anda perhatikan, apakah kapasitas RAM laptop Anda sudah cukup kuat untuk menjalankan aplikasi-aplikasi yang Anda gunakan?

Untuk RAM, solusi terbaiknya adalah dengan cara mengupgrade RAM laptop Anda ke minimal 8GB atau lebih besar. Namun jika hal tersebut tidak memungkinkan, Anda bisa mengecek system requirement dari setiap aplikasi yang Anda gunakan. Pastikan aplikasi-aplikasi tersebut tidak melebihi kapasitas RAM pada laptop Anda.
Catatan: Jika Anda membeli laptop dengan spesifikasi RAM sebesar 4GB, bukan berarti RAM yang benar-benar dapat Anda gunakan sebesar 4GB juga, dikarenakan sebagian kapasitasnya sudah dipakai oleh sistem operasi yang sedang berjalan pada laptop tersebut.
Berikut cara untuk mengecek real kapasitas RAM yang bisa laptop Anda gunakan.

Langkah 1: Tekan Ctrl+Alt+Del, lalu pilih Task Manager.
Langkah 2: Setelah muncul window Task Manager, pilih tab Performance, lalu klik bagian Memory.
kapasitas real memori RAM pada OS windows
Memori RAM laptop saya adalah sebesar 8GB, sudah terpakai oleh sistem operasi windows hingga tersisa menjadi 6.9 GB. Terpakai untuk membuka aplikasi google chrome dan task manager hingga tersisa 4GB.

2. Upgrade Kapasitas dan Jenis Storage Laptop (HDD ke SSD)

Sama hal nya dengan storage, jika kapasitas storage semakin kecil maka kemungkinan laptop menjadi ngelag dan lemot juga akan sering terjadi. Untuk lebih detailnya, Anda bisa baca komentar Febian dari Forum Winpoin dibawah ini.
storage penuh adalah penyebab laptop menjadi lemot
Untuk storage, jika Anda masih menggunakan storage tipe Harddisk, sebaiknya Anda mengupgradenya menjadi SSD, khususnya untuk storage dimana sistem operasi Anda terinstall. Karena performa dan kecepatan SSD jauh lebih baik dibandingkan dengan Harddisk.

Anda juga dapat menghapus beberapa file atau folder yang terindikasi double/duplikat, file yang sudah tidak digunakan atau file yang tidak terlalu penting. Sisakan setidaknya 15% space kosong dari total keseluruhan storage laptop Anda.

3. Hapus File Cache yang Menumpuk

disk cleanup untuk menghapus file cache pada laptop yang lemot dan ngelag
File Cache adalah file yang terbentuk secara sementara di laptop kita. Saat Anda browsing atau ketika sedang membuka aplikasi, data-data dari browser maupun aplikasi akan disimpan ke dalam file cache. Sehingga saat situs atau aplikasi tersebut dibuka lagi, prosesnya akan lebih cepat. Jika file cache ini terus bertambah, storage laptop Anda akan cepat penuh & membuat kinerja laptop melambat. 

Berikut langkah-langkah untuk membersihkan file cache.

Langkah 1: Tekan tombol Windows, ketik Disk Cleanup, lalu tekan Enter. Tunggu beberapa saat hingga muncul window Disk Cleanup.
Langkah 2: Pilih drive yang ingin dibersihkan, lalu klik OK. Tunggu beberapa saat sampai prosesnya selesai.
Langkah 3: Setelah selesai, klik OK.

4. Tutup Aplikasi yang Berjalan Secara Bersamaan

banyak aplikasi yang berjalan bersamaan akan membuat laptop menjadi lemot dan ngelag
Meskipun kapasitas RAM pada laptop Anda sudah cukup besar dan memadai, tapi Anda masih sering membuka aplikasi-aplikasi yang berat secara bersamaan hingga membuat kapasitas RAM penuh, ya jangan heran apabila laptop Anda akan terasa ngelag dan lemot seperti sebelum-sebelumnya. 

Gunakan aplikasi yang memang sedang Anda gunakan saja. Multitasking boleh, tapi Anda juga harus mempertimbangkan kapasitas RAM laptop Anda, apakah sudah penuh atau masih ada space yang bisa digunakan. 

5. Scan Laptop Menggunakan Antivirus

Virus juga menjadi salah satu penyebab laptop menjadi lemot atau ngelag. Karena ada beberapa virus yang dapat menduplikat diri atau membuat file-file aneh sehingga menyebabkan kapasitas storage cepat penuh. Virus biasanya dapat menyebar dengan mudah lewat media seperti: flashdisk, komputer-komputer di warnet atau tempat fotokopian, atau dari file yang Anda download dari situs yang tidak aman.

Pada dasarnya untuk versi windows 10 keatas sudah tertanam antivirus bawaan yaitu Windows Security dan Window Defender Firewall. dan biasanya sudah aktif secara otomatis sejak awal sistem operasi windows terinstall, jadi Anda tidak perlu khawatir mengenai hal ini.

6. Gunakan Fitur Best Performance

fitur best performance untuk meminimalkan & meringankan kinerja UI Windows 10
Fitur Best Performance adalah fitur yang dapat digunakan untuk membuat sistem operasi windows pada laptop Anda menjadi lebih ringan dengan cara menonaktifkan beberapa fitur-fitur "estetika" nya windows.

Berikut cara untuk menggunakan fitur Best Performance pada laptop Anda.

Langkah 1: Tekan Windows + E secara bersamaan untuk membuka File Explorer, lalu klik kanan pada menu Computer atau This PC dan pilih Properties.
Langkah 2: Setelah muncul windows System, klik menu Advanced system settings dan akan muncul windows System Properties.
Langkah 3: Pilih tab Advanced, pada bagian performance klik Settings.
Langkah 4: Pada tab Visual Effects pilih Adjust for best performance, lalu klik Apply dan OK.

Sekian artikel kali ini, sampai disini seharusnya Anda sudah mengerti bagaimana cara membuat laptop Anda tidak ngelag atau lemot lagi. Jika masih ada yang kurang jelas, bisa ditanyakan lewat kolom komentar. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "6+ Cara Mengatasi Laptop Ngelag, Lemot, dan Not Responding (100% Work)"